Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

7 Tips Pemakaian Tabung Gas LPG Yang Benar Dan Aman

Solusirumahtangga.com – Seiring dengan perkembangan zaman, pemakaian bahan bakar oleh masyarakat juga ikut berkembang, dari yang awalnya menggunakan bahan bakar minyak tanah, sekarang sudah beralih ke Elipiji. Akan tetapi, seiring banyaknya penggunaaan tabung gas elpiji, juga diwarnai dengan berbagai berita kebakaran yang disebabkan oleh ledakan dari tabung gas tersebut.

Oleh karena itu, penulis akan memberikan beberapa tips menggunakan tabung gas elpiji dengan benar dan bisa menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yaitu antara lain :

1.    Pastikan untuk membeli tabung gas elpiji 3 Kg kepada agen resmi atau pertamina, serta memperhatikan kondisi gas dengan baik serta kelengkapan gas. Berupa adanya karet hitam pada valve tabung.

2.    Saat membawa tabung kedalam rumah, perlakukan gas dengan hati-hati dengan tidak sembarangan menyimpannya, hindari tempat yang selalu disinari matahari, serta diusahakan menyimpan tabung ditempat yang datar. Karena didalam tabung terdapat sifat zat yang mudah terbakar.

3.    Apabila hendak menyalakan kompor, untuk terlebih dahulu membuka pintu atau jendela yang dekat dengan kompor. Hal tersebut berfungsi apabila seketika tabung gas mengalami kebocoran, maka gas yang bocor bisa keluar lewat jendela yang terbuka tersebut.

4.    Sebelum menyalakan kompor, hendaknya memeriksa keadaan selang dan regulator. Apakah selang sudah terpasang dengan penjepit regulator atau tidak? Adapun cara memasangnya adalah dengan memasang regulator pada mulut tabung dengan posisi yang pas, kemudian setelah itu putar tuas pengaturnya yang berwarna hitam sehingga tanda panahnya menghadap kebawah dan bunyi “klik” pada pemasangan menandakan bahwa tabung terpasang dengan baik.

5.     Hindari pemakaian tabung gas dengan minyak tanah secara bersamaan dalam satu ruangan, dikarenakan minyak tanah yang menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya ledakan terhadap tabgung gas.

6.    Mengetahui ciri-ciri kebocoran tabung. Dalam mengantisipasi terjadinya ledakan gas yang berdampak pada terjadinya kebakaran, tentunya pengguna harus mengetahui ciri-ciri kebocoran pada tabung gas, yaitu antara lain :
    Tercium bau khas dari tabung gas elpiji yang sangat menyengat
    Adanya embunan pada sekitar sambungan pengelasan tabung, neck ring, valve ataupun pada sambungan foot ring.

    Terdengar bunyi mendesis yang berasal dari tabung gas.
    Apabila sudah terjadi kebocoran pada tabung gas, segera lepaskan regulator, kemudian bawa tabung tersebut ke tempat yang terbuka

7.    Usahakan untuk mengecek tabung gas secara teratur, serta membersihkannya setiap sehabis pemakaian. Guna menjaga tabung untuk tetap bersih dan tetap aman digunakan.

Itulah beberapa tips dalam menggunakan tabung gas dengan benar dan aman, sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena tidak ada yang tahu kapan bahaya itu muncul, namun kita masih bisa melakukan antisipasi untuk menghindari hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *