Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Cara Menghilangkan Kerak Gosong di Panci dan Wajan Secara Mudah dan Tuntas

Solusirumahtangga.com – Pada saat memasak terkadang kita sering kali melakukan suatu kecerobohan, misalnya meninggalkan masakan hingga kering, berasap dan gosong. Tetapi akibat yang ditimbulkan biasanya dapat mengakibatkan munculnya kerak hitam akibat gosong.

Selain kecerobohan, adapula hal-hal lain yang menyebabkan timbulnya noda gosong pada peralatan memasak di dapur, misalnya proses memasak yang cukup lama biasanya dapat juga meninggalkan noda bekas bumbu yang lengket, hangus atau gosong. Peralatan dapur yang biasanya sering terkena noda ini adalah wajan dan panci.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghilangkan kerak pada panci atau wajan :

1.    Hindari memaksa menyingkirkan kerak sisa makanan dengan benda logam, semisal sendok dan pisau, tanpa melunakkan kerak tersebut terlebih dahulu.

2.    Setelah panci atau wajan dikosongkan, langsung isi dengan air hingga sebatas merendam bagian yang ditempelikerak sisa makanan.

3.    Kembalikan panci atau wajan ke atas bara api kecil di kompor.

4.    Biarkan hingga air mendekati titik didih.

5.    Tetap di atas kompor, gunakan sendok kayu untuk mengelupas kerak gosong berlahan-lahan dan tipis-tipis tanpa memaksa kerak yang masih keras. Lakukan hingga semua kerak lepas.

6.    Buang air kotor dalam panci atau wajan dan segera mungkin cuci dengan sabun cuci piring untuk melarutkan sisa-sisa minyak.

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk membersihkan kerak pada wajan atau panci ini yaitu dengan membuat cairan pembersih sendiri yaitu dengan baan air panas, cuka dan bubuk soda. Langkah-langkahnya adalah :

1.    Campur air mendidih, cuka dan bubuk soda kue untuk merendam bagian yang gosong pada panci atau wajan.

2.    Gunakan sendok kayu atau sabut cuci untuk menghilangkan kerak berlahan-lahan.

3.    Sebelum dicuci seperti biasa, pastikan panci dan wajan kering sebelum dipakai di atas kompor agar tidak ada yang terbakar menyebabkan bekas gosong.

Jika kerak sisa masakan dalam panci sudah terlanjur mengeras karena terlalu lama diabaikan dan sedikit demi sedikit menumpuk, berikut trik yang dapat diterapkan untuk menghadapi permasalahan tersebut :

1.    Isi panci dengan air hingga merendam bagian yang berkerak gosong.

2.    Tuangkan secangkir cuka kedalam air.

3.    Didihkan campuran air dan cuka laluangkat panci dari kompor.
4.    Tambahkan 2 sendok makan bubuk soda kue ke dalam panci. Gelembung-gelembung udara akan muncul pada dasar panci. Biarkan selama 10 menit.

5.    Gunakan sabut cuci piring untuk menggosok bagian yang berkerak gosong hingga bersih,  kemudian cuci seperti baisa.

Selain noda kerak panci dan wajan biasanya ada bercak gosong pada bagian luarnya yang disebabkan oleh jelaga. Jika jelaga dibiarkan bertumpuk dipermukaan panci atau wajan dan tidak segera ditangani maka bercak gosong akan muncul, terutama di permukaan yang bergelombang tidak rata.

Berikut cara membersihkan wajan yang hitam dan membersihakan panci gosong :

1.    Tuangkan air panas ke dalam ember atau baskom yang bisa menampung panci atau wajan yang ingin dibersihkan.

2.    Tambahkan secangkir cuka dan secangkir bubuk soda kue kedalam air anas. Aduk hingga tercampur.

3.    Celupkan panci atau wajan sehingga bagian luarnya yang gosong terendam air. Bisajuga meletakkan pemberat padoanci atau wajan agr tidak mengambang.

4.    Biarkan semalaman hingga jelaga membandel melunak.
5.    Cuci dengan sabut spons seperti biasa.

Itulah tips tentang cara membersihkan kerak dan gosong pada panci maupun wajan, jika sudah mengetahui tips tersebut maka tidak ada kekhawatiran lagi mengenai kerak dan gosong pada peralatan rumah tangga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *