Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Tips Merawat Pakaian dari Bahan Jeans Agar Tetap Awet

tips-merawat-pakaian-dari-bahan-jeans-agar-tetap-awet

Kain Jeans

Solusirumahtangga.com – Pakaian jeans merupakan salah satu ikon fashion yang tidak pernah lekang oleh jaman dan digemari oleh khalayak umum, walaupun terbuat dari bahan yang kuat dan kaku.

Seiring dengan berjalannya waktu model pakaian jeans ini juga mengalami perubahan sehingga cocok sekali digunakan oleh berbagai kalangan baik yang tua maupun yang muda. Untuk merawat pakaian dari bahan jeans, tentu berbeda dengan pakaian lainnya yang terbuat dari kain. Apalagi jika sudah terkena noda makanan atau kotoran yang membandel.

Berikut beberapa tips untuk merawat pakaian jeans agar tetap tejaga kualitasnya sehingga dapat bertahan lama :

1.    Periksa jeans sebelum dicuci
Pastikan tidak ada benda yang tertinggal didalam saku celana atau jaket jeans karena hal ini akan dapat merusak tekstur bahan bahkan dapat membuatnya sobek.

2.    Merendam dengan air cuka
Merendam pakaian jeans dengan air cuka ini bertujuan agar warnanya tidak cepat pudar. Hal ini biasanya dilakukan pada saat sebelum mencucinya.

3.    Mencuci jeans
•Langkah pertama yang harus diperhatikan jika akan mencuci pakaian dari bahan jeans yaitu periksa suhu air maksimum yang dianjurkan pada lebel perawatan, karena suhu air yang tinggi akan dapat memudarkan warna pada pakaian tersebut.
•Membalik pakaian, hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir terjadinya pemudaran warna.
•Pilihlah detergen yang tepat pada saat mencuci jeans.
•Jika mencuci dengan mesin cuci, jangan menjejali cucian terlalu banyak pada tabungnya agar pakaian tidak membelit satu sama lain termasuk pakaian yang terbuat dari bahan jeans.
•Hindari mesin pengering karena akan membuat jeans mudah menyusut dan kehilangan bentuknya.
•Hindari penggunaan pemutih, karena bisa memudarkan warna jeans.

4.    Menjemur jeans
Ketika hendak menjemur jeans maka hal yang harus diperatikan adalah jangan menjemurnya langsung dibawah sinar matahari. Pada saat menjemur cukup di balik dan digantung pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung lalu biarkan diangin-anginkan.

5.    Menyeterika jeans
Pastikan pakaian jeans dalam keadaan terbalik dan kering karena jika tidak dilakukan,  maka akan dapat mengakibatkan timbulnya jamur dan jeans mudah rusak. Hal lainnya yang perlu diperhatikan pada saat menyetrika yaitu jangan dilipat, hal ini dapat mengakibatkan adanya bekas lipatan pada pakaian jeans. Langkah yang tepat setelah pakaian jeans disetrika yaitu dengan cara digantung menggunakan hanger agar bentuk aslinya tetap terjaga.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk merawat pakaian jeans agar tetap awet kualitasnya dan warnanya tidak mudah pudar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *