Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Trips Menghindari Selokan Tersumbat

Solusirumahtangga.com – selokan merupakan saluran pembuangan air yang umumnya digunakan untuk membuang limbah rumah tangga misalnya air bekas mencuci, mandi, dan sebagainya. Keberadaan selokan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita masuk kedalam aspek saluran pembuangan limbah rumah tangga. Salah satu fasilitas bagi masyarakat yang berada disekitar lingkungan tempat tinggal kita untuk tetap menjaga keberadaan selokan agar tidak tersumbat. Selokan disekitar lingkungan kita memiliki fungsi sebagai saluran pembuangan air dari rumah tangga maupun dari lingkungan sekitarnya yang kemudian dialirkan ketempat penampungan air yang lebih besar misalnya sungai.

bersihkan-saluran-air (1)

kerja bakti memperbaiki selokan

Menurut Budi Priyanto ST MT selaku dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik mengemukakan agar selokan dapat digunakan semaksimal mungkin maka diperlukan beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membangun selokan. Solusi untuk menghindari selokan agar tidak tersumbat diantaranya:
Pertama dari segi kapasitas air maka selokan harus bisa menampung air yang masuk tetapi juga perlu memperhatikan bahwa kemiringan saluran harus sesuai, di mana besarnya sudut kemiringannya tergantung dari fungsi dan kondisi lahan di sekitar selokan tersebut. Standar minimum kemiringan dasar pada selokan yaitu setengah persen dari panjang selokan tersebut. Misalnya jika panjang selokannya 40 m, maka sudut kemiringan dasar selokan tersebut setengah persen dari 40 m.

”Selain hal tersebut Budi Priyanto ST MT juga menambahkan bahwa posisi bibir selokan juga harus seimbang sebaiknya bibir selokan posisinya lebih rendah dari area yang ada di sekitarnya. Contohnya selokan yang ada di kanan maupun kiri jalan posisinya harus lebih rendah dari posisi ketinggian jalan.” Agar selokan dapat digunakan semaksimal mungkin, sebaiknya selokan jangan ditutup rapat agar tidak menghambat air yang masuk, apabila selokan ditutup rapat maka akan membuat penyumbatan dalam selokan tidak mudah diketahui. Jika terpaksa ditutup untuk alasan-alasan tertentu, maka selokan tersebut bisa ditutup menggunakan beton yang ada celah – celahnya atau bisa dengan mennggunakan grill besi.

Yang kedua Budi Priyanto ST, MT juga menjelaskan mengenai dimensi atau ukuran selokan, agar bisa menampung air secara maksimal, dimensi selokan menyesuaikan dengan lokasi di sekitar lingkungan tersebut serta menyesuaikan luas area yang meng-cover air hujan maupun banyaknya air bekas pakai pada daerah di sekitar lingkungan tersebut. ” beliau menambahkan bahwa semakin dekat dengan sungai, ukuran pada selokan tersebut juga harus dibuat semakin lebih besar.”

Selanjutnya Budi Prayitno ST, MT juga menerangkah “bahwa dalam pembuatan selokan harus disesuaikan dengan jumlah atau debit air maksimal yang nantinya akan masuk ke selokan tersebut. Beliau menambahkan bahwa debit air maksimal diambil dari perhitungan curah hujan tertinggi di daerah tersebut. Jangan sampai selokan tidak mampu menampung air, apabila air keluar hingga ke jalan beraspal hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada jalan.”

Yang ketiga kualitas bahan pembuat selokan juga harus dipehatikan , terutama selokan yang ada di kanan dan kiri jalan. Ada berbagai macam bahan yang bisa digunakan untuk membuat selokan, contohnya dari beton, batu kali dan batu bata. Kita tidak boleh lupa bahwa kualitas bahan juga harus diperhatikan, terutama bahan untuk membuat selokan di pinggir jalan harus dipilih material yang kuat. Hal tersebut dilakukan karena selokan di pinggir jalan memperoleh tekanan yang lebih berat dari daerah sekitarnya, maka material selokan yang digunakan juga harus berkualitas dan kuat. Imbuh beliau.

Berhubungan dengan estetika rumah, sebaiknya saluran air dari PVC di sekitar rumah dapat ditutup dengan beton. Tetapi harus ada bak kontrolnya setiap empat hingga delapan meter panjang saluran air. Bak kontrol tersebut dapat digunakan untuk pemeliharaan karena dengan adanya bak control tentunya akan memudahkan pemilik rumah membersihkan kotoran pada saluran air contohnya endapan pasir, sampah, dan kotoran lain sehingga air dapat mengalir dengan lancar tanpa adanya gangguan pada saluran pembuangan air tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *