Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

5 Tips Hebat Memilih Pakaian Bayi yang Aman dan Nyaman

Solusirumahtangga.com – Salah satu kebahagiaan dalam sebuah pernikahan adalah kehadiran bayi atau buah hati. Kebahagiaan tersebut akan terpancar dari kegiatan sehari-hari. Kehadiran bayi akan membuat hidup pasangan lebih berwarna. Apalagi bayi tersebut adalah bayi pertama atau anak pertama, pasti akan menimbulkan kebahagiaan yang lebih. Karena status akan berubah menjadi orang tua.

Bayi yang lahir memang terlihat lucu dan menggemaskan setelah lahir. Matanya yang bersih dan berbinar-binar, kulit yang masih halus dan tingkah laku bayi membuat orang tua terpana. Apalagi saat bayi tersebut mulai tumbuh dan berkembang, membuat orang tua semakin sayang. Rasa sayang akan tercurahkan dan tertuangkan dalam melengkapi perlengkapan bayi. Pastilah orang tua menginginkan perlengkapan yang terbaik bagi si bayi. Perlengkapan dari alat mandi, tempat tidur bayi hingga pakaian bayi. Untuk itu dalam memberikan perlengkapan bayi perlu diingat bahwa dalam memilih harus sesuai dengan bayi. Karena setiap bayi memiliki ketahanan dan kenyamanan tubuh yan berbeda-beda.

Salah satu perlengkapan bayi yang paling penting adalah pemilihan pakaian pada bayi. Dalam pemilihan pakaian pada bayi perlu diperhatikan beberapa tips yang ampuh memilih pakaian bayi. Jangan sampai pemilihan pakaian yang salah dapat membuat bayi tidak nyaman. Bahkan pemilihan pakaian jangan sampai membuat bayi alergi, seperti adanya bintik-bintik, iritasi kulit, dan lain sebagainya. Solusirumahtangga.com kali ini akan berbagi informasi 5 tips ampuh memilih pakaian bayi yang baik.

1. Pilih Baju yang Benar-Benar Berkualitas
Pemilihan baju yang berkualitas merupakan salah satu hal yang paling penting untuk bayi. Orang tua dianjurkan jangan tergiur dengan diskon harga atau harga murah yang ditawarkan pihak store atau toko tanpa mengetahui kualitas pakaian tersebut. Hindari harga murah pakaian tanpa memperhatikan kualitas pakaian bayi. Kualitas pakaian harus menjadi prioritas utama. Jangan sampai memilih pakaian bayi dengan pakaian yang cepat luntur. Lunturnya warna dapat membahayakan pada bayi. Hal ini dikarenakan lunturnya warna tersebut dapat terserap atau masuk dalam pori-pori bayi. Karena pori-pori bayi masih rentan dengan benda-benda luar. Selain itu, dalam pemilihan pakaian bayi perhatikan model jahitannya. Model jahitan yang tidak rapi dapatmembuat bayi kurang nyaman karena risih dengan benangnya. Oleh karena itu, pilihlah baju bayi yang berkualitas dengan hal tersebut. Berkualitas bukan berarti harus selalu mahal. Berkualitas yang dimaksud yakni berkualitas secara nyamannya bagi bayi. Untuk itu, pilihlan baju bayi yang sudah memiliki lebel standar baju bayi.

2. Pemilihan Bahan Pakaian
Tips pemilihan bahan pakaian yang ini adalah hal yang paling pokok. Orang tua diharapkan hindari pemilihan baju bayi yang berbahan pure nilon, jeans, atau parasut. Bahan-bahan tersebut sangat dihindari karena bersifat tebal. Hal tersebut dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman karena kegerahan. Bayi yang semakin gerah menimbulkan banyak keringat, banyaknya keringat dapat menimbulkan bakteri-bakteri.

Selain itu, hindari pemilihan bahan pakaian yang bersifat keras, kaku, dan kasar. Bahan pakaian seperti ini dapat membuat bayi iritasi kulit karena aktivitasnya yang banyak gerak. Untuk itu pilihlah pakaian bayi yang berbahan katun. Bahan katun akan membuat bayi menjadi nyaman karena jenis bahan ini bersifat halus dan lembut. Selain itu, jenis bahan ini juga dapat menyerap keringat. Tidak hanya itu pemilihan pakaian bayi harus disesuaikan dengan cuaca. Cuaca yang panas pilihlah atau gunakanlah pakaian yang tipis, sebaliknya bila cuaca dingin pilihlah pakaian yang agak tebal. Cuaca sangat mempengaruhi ketahanan tubuh si bayi.

3. Mengutamakan Kenyamanan Pada Bayi
Keselamatan dan kenyamanan pada bayi juga hal yang paling penting. Jangan sampai memaksakan keinginan agar bayi terlihat menarik tidak memperhatikan kenyamanan bayi. Hindari pemakaian aksesoris bayi yang berlebihan. Meski pun ingin memberikan bayi aksesoris berilah sewajarnya saja. Terdapat beberapa aksesoris yang berbahaya bagi bayi. Misalnya aksesoris yang berbentuk tali-tali. Aksesoris jenis tali-tali berbahaya karena bisa membuat bayi tercekik karena banyak pergerakan. Hindari pula aksesoris berbentuk pita-pita. Selain itu, hindari aksesoris bayi yang mudah terlepas, misalnya payet, bros, atau lainnya. Aksesoris tersebut dikhawatirkan bisa diraih bayi dan memasukkan ke dalam mulutnya.

Tidak hanya itu pemilihan pengait baju juga menjadi salah satu hal yang menjadi kenyamanan. Hindari pelilihan pengait baju yang berbahan logam. Pengait baju seperti resleting dikhawatirkan dapat berkarat dan membuat bayi kesakitan saat tengkurap. Pilih kancing baju yang berjenis jepret atau kaitan jangan yang kancing biasa. Jenis kancing jepret dapat membuat aktivitas bayi menjadi lebih aman dan nyaman.

Untuk kenyamanan bayi pilihlah model pakaian bayi yang biasa dan normal saja. Hal ini dikarenakan pemilihan model pakaian yang biasa tidak mengganggu aktivitas bayi. Hindari pula pemilihan pakaian yang terlalu ketat. Pilih ukuran baju yang sesuai dengan bayi jangan terlalu longgar atau pun jangan terlalu ketat.

4. Mengawasi Saat Pemakaian
Awasi yang dimaksud dalam hal ini adalah melakukan pengawasan sendiri atau solo saat dan setelah bayi memakai pakaian. Pakaian bayi yang menurut orang tua aman dan nyaman, belum tentu nyaman juga bagi bayi. Untuk itu awasilah saat bayi memakai bayi, bila saat bayi dipakaikan pakaian tersebut merasa risih, garuk-garuk, dan mudah berkeringat berarti pakaian tersebut tidak cocok untuk bayi. Selain itu, selalu cek setelah pemakaian bayi. Cek selalu saaat mandi, apakah terdapat bintik hitam atau iritasi di tubuh bayi. Telusurilah seluruh permukaan kulit agar adanya alergi pakaian dapat terdeteksi sejak awal. Dengan begitu adanya penyakit atau alergi dapat terhindarkan sejak awal

5. Cara Mencuci Pakaian Bayi
Cara mencuci pakaian bayi sama dengan mencuci pakaian lainnya. Hanya saja dalam pencucian pakaian bayi hindari penggunaan deterjen yang berbentuk bubuk. Hal ini dikarenakan deterjen bubuk lebih banyak atau lebih tajam mengandung bahan kimia. Sehingga dapat membuat kulit bayi mudah teriritasi. Untuk lebih amannya gunakanlah deterjen yang berbentuk cair. Pemilihan pewangi juga perlu diperhatikan. Sebaiknya hindari penggunaan pewangi yang berlebih pada pakaian bayi. Karena wangi yang dihasilkan dari pewangi berasal dari zat kimia. Hal tersebut dapat membahayakan bayi bila tercium secara berlebihan.

Itulah 5 tips ampuh pemilihan pakaian bayi yang baik. Tips tersebut sebagai informasi agar orang tua selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan bayi. Karena keamanan dan kenyamanan bayi adalah prioritas utama orang tua. Orang tua tidak menginginkan bayinya sakit atau kurang sehat karena salah dalam perawatannya. Bayi sangat rentan dengan interaksi benda luar. Oleh karena itu, orang tua diharapkan selalu menjaga. Bayi adalah sebuah anugerah yang Tuhan berikan kepada manusia. Untuk itu, jaga dan sayangilah bayi anda dengan sebaik-baiknya. Karena masa depan bayi berada dalam genggaman orang tua. Karena perawatan bayi sejak dini menentukan tumbuh dan kembang bayi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *