Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

5 Cara Ibu Rumah Tangga Merawat Kulkas Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

solusirumahtangga.com – Bagaimana ibu rumah tangga merawat kulkas agar tetap awet dan tahan lama? Beginilah menjadi seorang ibu rumahan, tiada lain adalah menjaga perabotan rumah agar tetap awet, tidak mudah rusak, bersih dan tahan untuk beberapa tahun. Salah  satu barang yang harus diperhatikan di ruang makan dan dapur salah satunya lemari es, pendingin ataupun kulkas. Salah satu peralatan ibu rumah tangga yang paling sering di buka tutup oleh semua orang.  Sebagian ibu rumah tangga menempatkan kulkas di dapur dan adapula ibu rumah tangga juga menempatkan kulkas di ruang makan. Pasalnya kulkas adalah barang penting yang harus ada disetiap rumah pegawai khusus.

Lazada Indonesia

Kulkas tidak menjadi barang yang mahal untuk dibeli, hanya mengeluarkan beberapa juta rupiah sudah mendapatkan barang ini, namun tidak semua orang memiliki kulkas karena mayoritas penduduk di Indonesia adalah petani atau menggantungkan dari hasil padi mereka sehingga tidak semua orang memilikinya. Jika mereka ingin minum air yang dingin biasa membeli es batu ataupun lainnnya. Boleh jadi mereka hanya memanfaatkan para pemiliki kulkas untuk membeli bongkahan es.

wanita cantik di kulkas

Namun, berbeda dengan dari keluarga pegawai, mereka setiap rumah memiliki kulkas ini, karena bertujuan untuk menyimpan barang-barang makanan seperti sayur, buah-buahan dan minuman sehingga barang mereka tidak mudah layu dan segar di dalam sebuah almari pendingin. Sebetulnya hal itu tidak seperti yang dibayangkan karena sedikit demi sedikit sayuran segar yang dimasukkan di dalam alamari es menghilangkan kandungan nutrisi didalamnya. Apalagi bagi petani sayuran yang memiliki lahan berhetar-hetar tidak mungkin mereka menjual barang dagangan mereka atau para nelayan yang setiap hari pergi melaut untuk mencari ikan, mereka biasanya akan menggunakan alamari pendingin yang berbeda untuk mengawetkan ikan-ikan mereka. Kebutuhan akan tingkat pendayagunaan almari es kian tinggi.

Adapula ibu rumah tangga yang tidak hobi memasak, ia masak sayuran atau masak ikan dalam jumlah yang banyak karena tidak habis dalam sekali makan, mereka biasa memasukkan beberapa makanan ke dalam almari es.  Atau untuk penghematan waktunya mereka untuk memasak  lebih banyak yang diperlukan untuk sekali makan saja, maka diperlukan penyimpanan kulkas dan inilah pendayagunaan  yang menyebabkan ahli teknisi menjual peralatan yang disebut dengan Kulkas.

bagaimana agar kulkas tetap awet dan tahan lama?

anda harus mengikuti beberapa petunjuk yang ada dalam menggunakan kulkas tersebut diantara hal yang harus anda perhatikan adalah sebagai berikut ini:

1. Suhu Aman dari sebuah Kulkas

hal pertama yang harus anda perhatikan adalah suhu aman dari sebuah kulkas, anda harus memeriksa suhu kulkas anda sebaiknya suhu kulkas di rumah anda harus dipasang pada suhu 4 drajad celcius, atau dapat dipasang pada tingkat suhu dibawahnya  sehingga semua tempat didalam kulkas aman untuk penyimpanan makanan. Sebagian kulkas sudah dilengkapi sebuah alat pengukur suhu untuk mengukur keadaan dalam kulkas, namun jika kulkas anda tida dilengkapi dengan alat pengukur suhu ini, anda bisa menyediakan sebuah termometer untuk memonitornya dari waktu ke waktu hal ini dapat dijadikan patokan ketika listrik anda sedang  padam karen kelistrikan ini sangat penting untuk suhu aman kulkas.

Tidak semua ruang dalam kulkas bersuhu sama, boleh jadi berbeda dan ruangan suhu kulkas dibawah dengan yang diatas atau sebagian ruangan lebih dingin daripada ruang yang lainnya. Sesuaikanlah jenis makan yang akan anda simpan dan letak penyesuaian ini tergantung dari suhu ruangan kulkas. Bila listrik telah padam usahakan anda lihat termometernya apakah berada di suhu 4 drjad Celcius atau diatasnya maka makanan yang anda simpan diatas suhu 4 drjada akan rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi kembali, aga kestabilan suhu dalam ruangan kulkas dengan segera menutup kembali kulkas dan jangan dibuka lebar-lebar dan dibuka terus menerus , segera menutup kembali setelah anda memasukan minuman dan makanannya.

2. Aturlah tempat jenis makanan pada Kulkas.

dalam sebuah kulkas tentunya anda melihat rak-rak, alci dalam. laci untuk daging, untuk keju dan sayuran, dalam hal ini ruagan tersebut harus digunakan sesuai dengan jenis makanan dan juga sebagain dari rak sudah ada penutupnya sendiri-sendiri sehingga mencegah dari tumapahannya. Buah dan sayuran biasanya  akan mendapatkan laci khusu dalam sebuah kulkas  kaena bahan makanan ini membutuhkan kelembaban tertentu untuk penyimpanan optimalnya, dalam hal ini sayur mayur lebih membutuhkan tingkat kelembaban tinggi dari pada barang lainnya sehingga anda harus mengatur kelembaban tersebut dari pada buah-buahan  dan sebagian kulkas sudah menyediakan pengontrol dari kelembaban dalam sebuah kulkas.

begitupula dengan sebuah daging yang menggunakan tempat penyimpanan yang tertutup dengan suhu yang dapat diatur sehingga bisa juga memaksimalkan lama penyimpanannya, tambahan angin yang keluar dari freezer kearah laci tersebut membuat ketahanan daging dan keawetan dagingnya  sehingga akan sangat dingin tanpa membekukan daging yang ada pada tempat penyimpanan daging,  Adapulan penempatan yang berada dalam pintu sehingga suhu udara agak hangat berada di pintu tersebut, biasanya jenis makanan yang ada pada pintu tersebut adalah telur , karena daerah ini memiliki suhu yang fluktuatif , namun anda tidak boleh menyimpan bahan makanan yang tidak tahan lama ditempat ini.

Adapun beberapa hal yang harus anda tempatkan sesuai dengan pengaturan didalam kulkas adalah sebagai berikut: sebaiknya anda menaruh susu, jus, botol di sebuah rak paling atas, dan untuk makanan siap saja yang tidak perlu dimasak kembali pada rak nomer dua , dan biasanya sebuah kulkas sudah diebri tanda masing-masing untuk menaruh berbagai barang yang akan ditaruh pada kulkas dan hal itu akan membantu anda dalam mengatur tempat pada sebuah kulkas.

3. batas Waktu Menyimpan Barang di Kulkas

Anda harus selalu memperhatikan batas-batas dan waktu menyimpan barang di kulkas dan hal itu akan membantu barang anda akan tetap segar namun tetap ada batasan waktunya, dan inilah beberapa hal terkait dengan batas waktu penyimpanannya pada jenis makanan dan batas waktu menyimpannya agar layak untuk dikonsumsi:

  • -Batas waktu sayur yang telah dimasak anatara 3 sampai dengan 4 harian
  • – Sayuran memiliki dua tipe untuk sauran yang keras seperti lobak dan wortal dapat mencapa 2 minggu sedangkan sayuran yang lunak seperti asparagus dapat bertahan dua hari
  • – Daging unggas, daging sapi gilling, ikan dapat mampu bertahan selama 2 harian yang dimasak sedangkan untuk yang belum dimasak selama 1-2 harian
  • – Daging lain 3-5 harian
  • -Daging sapi siap olah 5 harian
  • -Susu cair siap minum- 5-7 harian
  • -krim asam- 4 mingguan
  • -telur segar 3 mingguan

4. Menjaga kebersihan Kulkas

Salah satu hal terpenting agar makanan anda tetap tahan lama dan awet adalah menjaga kebersihan kulkas anda, segera bersihkan bila ada tumpahan untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan bersihkan permukaannya secara menyeluruh dengan air sabu yang hangat dan kemudian anda bilas.Hindarkan menggunakan bahan pembersih dengan larutan yang berbahan kasar atau yang menyebabkan kerusakan pada kulkas denganzat kima atauapun menyebabkan kerusakan pada lapisan terdalam pada sebuah kulkas anda bisa mengikuti sebuah petunjuk yang disediakan oleh perusahaan yang telah membuat barang tersebut. bersihkanlah kulkas yang telah anda beli minimal seminggu sekali, dan usahakan anda membuang makanan yang sudah basi atau muah basi  yang seharusnya tidak dikonsumsi lagi dan tidak tetap menyimpan di dalam kulkas krena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Anda juga bisa membersihkan luar kulkas dengan sebuah detergen atau sabun pencuci piring agar kulkas anda tetap mengkilap dan jangan lupa untuk membersihkan kumparan kondensor selama setahun sekali  dengan menggunakan sebuah sikat atau vacuum cleaner dari kotoran serat atau penumpukan lainnya.

5. Menghilangkan bau yang tidak sedap

Makanan yang mengalami pembusukan biasanya akaibat pemadaman listik yang lama, sehingga makanan yang telah anda simpan membuat ruangan dalam kulkas bau yang tidak sedap , jika hal itu terjadi maka anda harus menggunakan langkah-langkah sebagai berikut ini:

– Cuci bagian dalam kulkas  dengan sebuah larutan baking soda  dan air , pastikan anda menggosok semua bagiannnya, celah-celah rak, tempat rak , sisi kulkas dan pintunya. Cabut dari Listrik dan biarkan pintu kulkas terbuka untuk beberapa jam kedepannya.

– Tempatkan sebuah kapas yang telah direndam  dengan vanilli dalam sebuah frezzer, dan tutup pintu kulkas selama 24 jam.

– tempatkan kopi bubuk dan banking soda dalam sebuah tempat kemudian anda taruh didalam kulkas  selama beberapa hari dan bersihkan  cuka dan air bersih.

Dan itulah 5 cara agar kulkas anda tetap awet dari bahan-bahan yang menyebabkan pada kerusakan yang terjadi pada sebuah kulkas dan anda harus melakukan perintah peringatan agar anda tidak memasukkan apapun yang membahayakan atau merusak kulkas anda dengan membaca artikel kami terkait dengan 7 Hal Penting yang harus dihindari Ketika  Menyimpan Makanan Dalam Kulkas

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *