Button Text! Submit original article and get paid. Find out More

Cara Merawat Kain Batik Agar Tetap Awet

Solusirumahtangga.com-  salah satu pakaian khas adat orang jawa ketika menghadiri acara pernikahan dan acara kondangan lainnya adalah dengan menggunakan kain batik. Sebuah pakaian yang menjadi corak kebudayaan adat jawa dan sekitarnya. Para orang tua, baik seorang kakek, nenek, bapak, ibu pasti mempunyai sebuah pakaian batik. Nah, seorang ibu harus bisa menjaga dan merawat pakain batik agar tetap awet untuk itu bagaimana sih cara merawat kain batik agar tetap awet dan terjaga kualitasnya? “sebenarnya sih, mudah saja mungkin yang terpenting adalah bagaimana anda memperhatikan pakaian anda secara hati-hati supaya tidak cepat mudah rusak.

Cara Merawat kain Batik Tulis harus berbeda dengan merawat kain batik cap, biasanya kain batik yang baru alias baru dibeli dari toko jikalau kita langsung rendam memakai detergen akan cepat mudah luntur. Untuk itu ibu rumah tangga harus jeli dan mengetahui cara merawat kain batik tulis atau batik cap setelah membelinya di sebuah toko atau disebuah pasar.

batik

Cara Merawat Kain Batik  sebagai berikut:

Apabila anda akan mencuci kain batik agar tetap terawat dan terjaga adalah tidak menggunakan detergen yang biasa akan tetapi usahakan anda menggunakan lerak yang bisa anda dapatkan di beberapa toko batik. Lerak yang sudah anda dapatkan digunakan untuk campuran atau sebagai pengganti detergen yang dicampur ke dalam air hangat, jadi kain batik anda direndam di lerak yang sudah diremas-remas didalam air hangat yang sudah berbusa,  Larutan inilah yang menjadi pengganti dari detergent biasa.

selain itu anda juga bisa menggunakan  “daun dilem”  yaitu dengan melarutkan daun dilem kedalam air hangat yang sudah disiapkan yang kemudian anda gunakan untuk mencuci kain batik, untuk perawatan yang maksimal sarannya jangan sampai kita menjemur kain batik dibawah sinar matahari secara langsung, akan tetapi kain yang sudah kita bersihkan dengan lerak dan daun dilem akan mudah rusak apabila terkena cahaya matahari secara langsung usahakan untuk menjemurnya dibawah tempat yang teduh. selain itu jangan sampai anda menyetrika kain batik anda karena setrika akan menimbulkan warna dan corak batik anda kan cepat pudar dan untuk solusi dalam menjemur adalah dengan anda rapikan kain batik terlebih dahulu supaya anda tidak menyetrikanya.

itulah beberapa Cara Merawat Kain Batik yang akan memberikan anda sebuah solusi untuk merawat pakaian anda agar tidak mudah rusak dan terjaga keawetannya. Bagi beberapa orang pasti belum banyak mengetahui tentang tips merawat kain batik yang benar, untuk itu bagi siapa saja yang membaca blog ini supaya untuk menginformasikan kepada tetangga atau pembantu anda di rumah agar tidak mencuci pakaian dengan detergen.

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *